Wednesday 29 August 2012

Hari ulang tahun RI atau hari kemerdekaan RI ?

17 agustus kemaren melihat spanduk besar di jalan. Sponsornya tentu saja salah satu partai yang ingin terlihat eksis. Bukan cuma ABG yang pengen eksis. Tapi bukan sponsornya yang menarik perhatian gue. Tapi tulisan yang berwarna merah cerah dan menggunakan huruf kapital semua. Bunyinya " HUT RI KE 67 ".

Trus apa yang salah ?

Memang ga ada yang salah dengan tulisan itu, tapi kenapa saya jadi merasa miris. Apalagi jika dihubungkan dengan rasa nasionalis yang sudah sangat luntur di negara ini. Saya pribadi menganggap kata HUT itu sama sekali tidak spesial. mungkin karena dibesarkan dari keluarga yang juga tidak menganggap ulang tahun sebagai suatu yang spesial. Bagaimana ga, ulang tahun sendiri aja sering pada lupa.

Tapi masalahnya apa kalo tulisannya HUT RI ?

Sekali lagi ga ada yang salah. Hanya ada yang lebih baik. Indonesia menjadi sebuah negara karena merebutnya dari penjajah. Ya.. Pejuang "MEREBUT KEMERDEKAAN'  dari tanggan penjajah. Sebuah hasil yang sangat besar dan membanggakan bagi kita. Jadi mengapa kita tidak menggunakan kata 

"HARI KEMERDEKAAN RI"

Terdengar gagah dan membanggakan. Saya yakin hal yang sepele ini dapat meningkatkan rasa bangga bagi yang membacanya. Karena bangga merupakan awal dari terbentuknya rasa nasionalis. Saya rasa...

Dirgahayu Indonesiaku..

No comments:

Post a Comment