Friday, 8 April 2011

Mutasi motor dari tangerang ke jakarta barat

Ga nyadar ternyata sudah waktunya perpanjang STNK motor. Namun ternyata ada masalah, saat ini saya sudah menjadi warga jakarta barat, sehingga KTP sudah ganti dari KTP Tangerang jadi KTP Jakarta Barat. Inilah letak masalahnya, perpanjang STNK harus menggunakan KTP yang alamatnya sama dengan STNK. Mau ga mau harus melakukan mutasi.

Tanggal 28 maret (senin) mulai perjalanan dengan mengunjungi Samsat serpong. Tempat yang saya nilai sangat teratur dan jelas teknis perpanjangan STNK nya. Kali ini untuk mutasi, saya kembali mencoba untuk tidak menggunakan calo. Sampai di samsat saya langsung mengutarakan ingin mutasi motor. Lalu diberikan formulir mutasi dan di suruh melakukan pemeriksaan fisik motor. Oya sebelumnya jangan lupa siapkan KTP, STNK, dan BPKB asli beserta fotocopinya.

Lokasi pemeriksaan fisik ada di belakang gedung samsat. Bawa motor ke tempatnya, trus langsung menuju loket pemeriksaan fisik, diberikan formulir dan diserahkan ke petugas periksa. Setelah itu kembali ke loket tadi. Cukup cepat, tidak sampai 10 menit sudah dipanggil dan membayar Rp 25.000,- (tanpa kwitansi).
Kembali ke gedung samsat, kali ini langsung ke loket mutasi. Serahkan berkas - berkas tadi dan tunggu. Kali ini cukup lama, 40 menit kemudian baru dipanggil dan membayar Rp 75.000,-. Diberikan tanda terima dan fc STNK yang dilegalisir sebagai pengganti STNK sementara.Disuruh kembali 3 hari lagi (kamis).

Hari kamis pagi kembali ke loket mutasi, serahkan tanda terima. 5 menit kemudian dipanggil dan mendapat berkas-berkas lengkap yang nanti diserahkan ke samsat Jakarta Barat. Ternyata masih ada satu langkah lagi di serpong. Serahkan berkas tadi ke loket fiskal untuk membayar fiskal antar daerah. Biaya fiskal Rp 35.000,-. Kita mendapat satu berkas lagi yaitu lembar fiskal.
Pengurusan di serpong saya nilai sederhana dan tidak rumit. Terima kasih samsat serpong.

Besoknya (jumat) saya datangi Samsat Jakbar di Jl. Daan Mogot. Langsung ke loket pemeriksaan fisik untuk melegalisir hasil pemeriksaan fisik di serpong. Tidak perlu membawa motor karena tidak melakukan pemeriksaan fisik ulang. Ga sampe 10 menit dipanggil dan membayar Rp 30.000,-. Satelah itu fotocopy lembar fiskal, permohonan mutasi dan berkas pemeriksaan fisik yang sudah dilegalisir.
Langsung ke lantai 4, minta formulir mutasi, diisi lalu kembalikan bersama semua berkas (kec KTP dan BPKB asli) ke loket. Bayar Rp 60.000,-. Lalu saya mendapat tanda terima dan disuruh kembali hari senin.

Senin pagi datang jam 8.30. Bertepatan dengan jam buka pelayanan Samsat. Langsung ke lantai 4 dan menyerahkan tanda terima. Dengan santainya bapak yang di loket tadi mengembalikan tanda terima saya dan mengatakan masih lama karena harus mencari berkasnya di ribuan berkas lainnya. RIBUAN ?. Alasan yang saya anggap mengada-ngada, karena menurut saya samsat jakbar tinggal membuat berkas baru bukan mencari berkas lama seperti di serpong. Lebih aneh lagi dia bisa menuliskan no polisi yang baru di kertas tanda terima saya. Apakah dia minta disuap supaya pengurusan lebih cepat ? Hmm.. mungkin saja. Tapi saya sudah bertekat untuk tidak melakukan itu. Karena jika saya adalah aparat pemerintah, saya akan sangat terhina jika ada seseorang yang menyuap saya.

1 jam 15 menit saya menunggu, tapi saya tidak melihat dia melakukan pencarian berkas yang katanya ribuan tadi. Oya, saat itu orang yang sedang mengurus mutasi hanya saya, sehingga loket mutasi tidak sedang sibuk. Akhirnya kesabaran saya habis, saya mendatangi petugas loket yang disebelahnya, seorang ibu. Lalu dia mengecek tanda terima saya. Dengan wajah ragu dan melirik ke bapak tadi dia menjawab masih 30 menit lagi. Kemudian saya duduk. Namun 5 menit kemudian ibu tadi memanggil saya dan menyerahkan slip pembayaran pajak. Wuih, bener-bener sialan tuh bapak. Ternyata berkasnya sudah ada di meja itu dari tadi.
Setelah itu saya ke loket pembayaran pajak dan membayar Rp 265.000,-. slip tadi saya serahkan ke loket pengambilan STNK. STNK langsung di tangan. Berkas-berkas saya sudah ada di meja mereka dari pagi. Buktinya saat bayar pajak, berkas saya sudah di loket pajak dan STNK baru pun sudah siap di ambil di loket pengambilan STNK. Bener-bener pelayanan yang buruk dari oknum samsat.

Setelah STNK di tangan, tinggal mengambil plat nomor. Letak loketnya di belakang kantor samsat. Seperti STNK tadi, ternyata plat nomor saya sudah siap untuk diambil. bayar Rp 5000,-.

Selesailah urusan mutasi STNK. Sistemnya tidak rumit malah bisa dikatakan sederhana. Terimakasih Samsat yang sudah membuat sistem yang baik sehingga pengurusan menjadi mudah. Namun perlu diawasi lagi oknum-oknum yang bisa merusak citra samsat.

Catatan biaya :
Samsat Tangerang
- Pemeriksaan fisik  Rp 25.000,-
- Pengurusan mutasi Rp 75.000,-
- Fiskal antar daerah Rp 35.000,-
Samsat Jakbar
- Legalisir pemeriksaan fisik Rp 30.000,-
- Pengurusan mutasi Rp 60.000,-
- Pajak kendaraan (mio) Rp 265.000,-
- Plat nomor Rp 5.000,-
TOTAL Biaya : Rp 495.000,-


pict : www.clipartof.com

9 comments:

  1. good job bro, trims untuk infonya bagi yang mau mutasi ato balik nama kendaraan.

    ReplyDelete
  2. kalo mo ganti stnk baru+plat nomor tapi kendaraan di luar kota (misal jawa tengah) begini caranya.Dimana motor itu berada minta esek-esek dari samsat setempat. Tar dapet resi R2. nah R2 tersebut di daftarin lagi dimana kita tinggal (misal cinere depok). kaga perlu bawa motor lagi, tinggal legalisir bae. trus bayar pajak motor yg tertera di stnk (kadang2 naik)+biaya2 lain. biaya lain gak lebih 150rb. ngurus di samsat cinere depok cepat cuman 1 hari, keluar stnk dan plat nomor baru. plat nomor baru belum tentu sama dengan yang dulu. kalo sekarang depok dipisah samsat depok dan samsat cinere. wilayah cinere n sawangan diawali Zxx tapi depok tetep Exx. Gara-gara beginian BPKB kudu legalisisr ke komdak jakarta. cuman beberapa jam, paling lama 1 hari. biaya gak lebih dari 100rb.

    ReplyDelete
  3. bro gw minta no lo donk wat urusin stnk gw.....???
    heheheheheeeee

    ReplyDelete
  4. Wah ternyata ga bisa selesai dalam sehari ya pak cabut/mutasi berkas nya? :((

    ReplyDelete
  5. Kalo mau balik nama dari dki ke tangkot kita harus ke samsat mana dulu yh apa langsung ke samsat tangerang kota

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ke samsat dki dlu buat cabut berkas, kalau udah selesai cabut berkas. Baru ke samsat tangkot buat utus balik nama

      Delete
  6. Tankz brro atas info nya.,
    Sangat membantu.

    ReplyDelete
  7. Gmn klu daring tangkot ke dki jakarta barat apa aj yg perlu di siapin trmks

    ReplyDelete
  8. Ngurus bpkb nya di polda ya bos

    ReplyDelete